Telepon : 031 3091234 Email : dinsos@bangkalankab.go.id

Berita Detail

Dinas Sosial Temukan ODGJ Tanpa Identitas di Kecamatan Geger

11 Juni 2023

Bangkalan - Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan menjemput dan mengirim klien gangguan jiwa (ODGJ) ke Rumah Sakit Umum Daerah Syamrabu Bangkalan setelah menerima laporan dari TKSK kecamatan Geger perihal keberadaan klien gangguan jiwa (ODGJ) tanpa identitas, Jumat (09/06/2023).

Menurut laporan yang di dapatkan klien berada di kantor MWC NU Kecamatan Geger sekitar hari Selasa tgl 6 Juni 2023. Klien dalam keadaan lemah, kondisi kaki bengkak / melepuh seperti habis terbakar, dan tidak bisa memberikan keterangan tentang identitas dirinya, kemudian TKSK berkoordinasi dengan Kepala Desa Kampak dan Puskesmas Kecamatan Geger.

Setelah menerima laporan, Tim dari Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan langsung menuju lokasi untuk di evakuasi, namun karena meliat kondisi klien dalam keadaan kumuh, bau, kotor, dan lemah, maka pihak Dinsos bersama TKSK(Roni), petugasĀ  Koramil (Aziz) berinisiatif untukĀ  memandikan klien terlebih dahulu, sedangkan petugas kesehatan dari puskesmas setempatĀ  membersihkan kakinya yg sakit (melepuh).

Dalam penjemputan dan pengiriman klien ODGJ, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Kabid. Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Pejabat Fungsional di Bidang Rehabilitasi Sosial beserta staf, TKSK Kecamatan Geger, Petugas Koramil Kecamatan Geger, Petugas Puskesmas Kecamatan Geger, Kepala Desa Kampak Kecamatan Geger turut membantu sampai klien telah diantarkan rumah sakit.

Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan merujuk klien ke RSUD Syarifah Ambami Rato Ebhu Bangkalan untuk dilakukan perawatan mengingat Pemkab Bangkalan saat ini sudah menerapkan Universal Health Coverage (UHC). Dikarenakan klien tidak mempunyai identitas maka Kadinsos berkoordinasi dengan Kadis Dispendukcapil agar klien ini bisa dilakukan perekaman KTP supaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

"Agar pengobatan berjalan lancar dengan memakai UHC, Dinsos akan melakukan kerja sama dengan Dispendukcapil agar klien dilakukan perekaman KTP dan juga dibuatkan KSK. Selain itu dengan mengirimkan klien ke Rumah Sakit agar mendapatkan perawatan kami berharap setelahnya klien bisa dikembalikan kepada keluarga yang sampai saat ini keberadaan keluarga klien sedang dicari TKSK Kabupaten." Ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan. (isy)