Berita Detail

Kunjungan Ketua Ombudsman Republik Indonesia ke Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bangkalan
19 Juni 2025
Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Muhammad Najih, melakukan kunjungan kerja ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bangkalan pada Kamis (19/06/2025) untuk melakukan monitoring sekaligus memberikan masukan terkait peningkatan kualitas layanan publik.
Dalam kunjungannya Ketua Ombudsman Republik Indonesia di dampingi oleh Wakil Bupati Bangkalan beserta Pj. Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Sosial, Kepala DPMPTSP, Kepala Dispendukcapil, Kepala Dinas Pendidikan.
Dalam kunjungan tersebut, Ketua Ombudsman RI menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari upaya silaturahmi serta melihat langsung perkembangan MPP di Bangkalan. Sebelumnya, Ombudsman telah memantau melalui perwakilan di Jawa Timur, dan kini pihaknya ingin melihat dinamika secara langsung.
“Kita ingin memberikan masukan-masukan berkait dengan upaya penyempurnaan dan perbaikan, agar pelayanan kepada masyarakat semakin lebih optimal,” ujarnya.
Salah satu hal yang menjadi perhatian Ketua Ombudsman adalah pentingnya penyempurnaan sistem layanan, baik secara digital maupun manual. Menurutnya, di era digital saat ini, layanan seharusnya dapat diakses secara online oleh masyarakat.
Namun demikian, ia juga menekankan pentingnya menyediakan buku panduan atau manual fisik untuk masyarakat yang belum terbiasa dengan layanan digital.
“Masih ada yang belum sempurna, dan ini perlu dilengkapi. Karena tidak semua masyarakat bisa akses secara online, ada yang tetap ingin tahu bentuk fisiknya seperti apa,” tambah Ketua Ombudsman RI.
Terkait kunjungan ini, Najih juga menyebut bahwa Kabupaten Bangkalan memiliki peringkat penilaian pelayanan publik yang bagus, namun jika dibanding kabupaten lain, khususnya di wilayah Jawa Timur, masih perlu ditingkatkan lagi.
Selain agenda kunjungan ke MPP, Ketua Ombudsman RI juga menghadiri kegiatan kerja sama dengan Universitas Trunojoyo Madura.
Ia menyempatkan waktu untuk meninjau langsung pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang menjadi bagian dari MPP Bangkalan.
Mendampingi kunjungan tersebut, Wakil Bupati Bangkalan, Fauzan Ja'far, menyampaikan apresiasi dan komitmennya untuk menindaklanjuti berbagai masukan yang diberikan oleh Ombudsman RI.
“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan dari Ketua Ombudsman RI. Tentunya, masukan-masukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan publik akan kami tindak lanjuti agar ke depan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal,” ungkap Wakil Bupati Bangkalan.
Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi Bangkalan untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.
Kategori
Berita Terbaru
Pemkab Bangkalan Berikan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Rumah di Desa Tellok Kecamatan Galis
19 Agustus 2025
Peringati HUT RI Ke 80, Pemerintah Kabupaten Bangkalan Serahkan Secara Simbolis Bantuan Sosial dan Hibah
17 Agustus 2025
Upacara Kehormatan dan Renungan Suci Dirgahayu Republik Indonesia Ke 80 oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan
17 Agustus 2025